Home » Artikel » Hal Utama dalam Merancang Booth Pameran

Hal Utama dalam Merancang Booth Pameran

Sebagai Desainer maupun Kontraktor Exhibition yang mendesain dan membuat Booth Pameran, Anda tentunya perlu memikirkan dan mempersiapkan banyak hal agar proses perancangan berjalan lancar dan saat pameran berlangsung Booth Anda banyak dikerubungi orang/pengunjung.

Pernahkah Anda melihat pameran tetapi hanya mengelilingi sekitar Booth tanpa ingin atau tertarik masuk ke Booth tertentu? Artinya Booth tersebut kurang menarik perhatian Anda. Sebagus apa pun Booth dalam sebuah pameran, jika tidak menarik maka percuma saja orang/pengunjung pameran akan malas untuk masuk ke Booth tersebut.

Memang susah susah gampang membuat desain Booth pameran. Banyak hal yang dapat mempengaruhi menarik tidaknya sebuah Booth.

Banyak orang yang mengira kalau Booth dengan banyak pengunjung adalah brand yang berani membuat Booth dengan harga mahal. Padahal, dengan budget minim pun jika Anda berhasil membuat Booth yang khas maka pengunjung juga banyak yang tertarik dan membeli produk yang ditawarkan.

Bukan hanya budget, ada banyak hal yang perlu diperhatikan dalam merancang sebuah Booth. Di bawah ini akan Saya jelaskan satu per satu untuk Anda.

3 Hal Utama dalam Merancang Booth Pameran.

1. Komposisi

Komposisi adalah satu kesatuan antar elemen Booth. Elemen tersebut bermacam-macam diantaranya : warna, bentuk, gambar, teks, logo dan lain sebagainya. Semua yang ada di Booth adalah elemen Booth. Dan komposisi di sini artinya pengaturan diantaranya. Pengaturan atau komposisi memang sangat penting. Biasanya perusahaan besar yang sudah memiliki branding design yang jelas akan memiliki aturan komposisi tertentu. Misalnya :

  • peletakan produk berdasarkan tipe atau warna tertentu, atau
  • desain Booth yang harus menyesuaikan dengan bentuk tertentu yang merupakan branding design perusahaan tersebut

Selain itu, jika perusahaan tersebut belum memiliki aturan tertentu maka Anda sebagai desainer atau kontraktor harus pintar-pintar mengatur komposisi Booth agar terlihat rapi dan tertata serta berkesinambungan antar elemennya.

2. Branding

Selain komposisi, branding juga sangat penting. Sama hal nya dengan komposisi, branding juga merupakan satu kesatuan dari beberapa elemen. Bedanya, komposisi mengarah pada kesatuan secara umum, sedangkan branding mengarah pada brand design atau kekhasan suatu produk atau perusahaan tertentu. Branding lebih menarah pada design dan karakter. Branding ini nantinya berpengaruh pada komposisi tersebut di atas.

Branding design ini sangat membantu dalam menentukan konsep design sebuah Booth, konsep tersebut nantinya akan diterapkan ke beberapa elemen seperti :

  • Elemen bentuk
  • Elemen grafis
  • Elemen produk
  • Elemen warna
  • Elemen material
  • Dan elemen-elemen yang lain yang menunjang design Booth.

Elemen-elemen tersebut di atas nantinya akan disesuaikan dengan branding design suatu perusahaan dan ditata sedemikian rupa agar tercipta komposisi yang pas.

3. Point of Interest

Satu hal yang sangat penting untuk diperhatikan adalah bagaimana agar pengunjung tertarik dengan Booth Anda. Karena ketertarikan pengunjung adalah awal dari suksesnya Booth dan pameran Anda.

Jika para pengunjung hanya melewatinya maka dapat dipastikan Booth Anda kurang menarik perhatian, mungkin ada yang salah dengan komposisi yang Anda atur. Kesalahan bisa dari desainer karena komposisi desainnya yang kurang pas atau dari kontraktor karena proses perancangan Booth yang kurang sesuai dengan desain.

Salah satu cara agar pengunjung tertarik dengan Booth Anda adalah menentukan point of interest.

Banyak elemen yang bisa dijadikan point of interest, entah itu elemen grafis, bentuk Booth, variasi produk ataupun pemilihan warna dan material Booth.

Anda perlu menentukan salah satu atau dua elemen untuk dijadikan point of interest dan desainlah point tersebut dengan sebaik-baiknya. Sedangkan elemen lain akan jadi elemen pendukung. Sehingga ada point of interest yang menonjol untuk ditampilkan dan membuat pengunjung tertarik atau penasaran untuk masuk ke Booth Anda bahkan tertarik dengan produk Anda dan melakukan transaksi.

Kira-kira seperti itulah pembahasan dari ketiga hal utama yang perlu Anda perhatikan dalam merancang sebuah Booth pameran. Ketiganya perlu dipikirkan dengan sebaik-baiknya karena memiliki keterkaitan satu sama lain dan sama-sama penting. Semoga berhasil dengan Booth Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Name *
Email *
Website